From 'Hero' To Zero

Tulisan ini dibuat sebagai lanjutan dari Sedikit Pengalaman dari Periode UTS

                Putra-putri kita sudah melewati periode Ujian Akhir Semester atau UAS. Hasil belajar selama 1 semester akan diterjemahkan dalam rupa angka atau huruf mutu. Apakah angka atau huruf mutu adalah satu-satunya parameter keberhasilan putra-putri kita? Mari kita menengok alam sejenak.

                Sebagian besar dari kita setuju bahwa pohon yang tinggi besar mempunyai akar yang cukup dalam dan kokoh (bukan sekedar akar tanaman taoge). Sesuatu yang tidak tampak (akar, mental) dapat menjadi landasan untuk sesuatu yang tampak (pohon, hasil).

                Masih ingatkah Anda dengan siswa yang sering terlambat di artikel sebelumnya? Pada periode UAS kemarin, siswa tersebut berhasil membuat perubahan positif, yaitu hadir sebelum jadwal UAS (jumlah keterlambatan saat periode UAS: nol). Yang menarik, siswa ini hadir pertama di HomeSchooling Bina Ekamulia selama beberapa hari pelaksanaan UAS.

                Keberhasilan ini patut kita apresiasi. Tidak terlambat adalah salah satu wujud kesadaran akan perlunya manajemen diri (dan ia berhasil secara tindakan: tidak terlambat). Seperti yang kita ketahui, manajemen diri berkorelasi positif dengan pencapaian cita-cita (hasil). Dukung terus (dengan jujur) usaha putra-putri kita untuk menjadi lebih positif. (ryk)


cap jempol

Hits

73296
TodayToday70
YesterdayYesterday30
This_WeekThis_Week222
This_MonthThis_Month1153
All_DaysAll_Days73296