Setelah berselang 55 tahun, Pekan Olahraga Nasional kembali diselenggarakan di Jawa Barat. Dari 19 kali penyelenggaraan, tercatat 8 buah provinsi mendapat kesempatan dan tanggung jawab menyelenggarakan acara akbar ini. Oleh karena itu, tentu sayang jika acara ini dilewatkan begitu saja oleh warga Jawa Barat.

Setelah pekan UTS, siswa-siswi HomeSchooling Bina Ekamulia diajak untuk mengalami PON. Kegiatan ini sekaligus bentuk partisipasi para siswa selaku warga Jawa Barat dalam memeriahkan PON XIX yang berslogan Berjaya di Tanah Legenda.

Pada Hari Rabu, 28 September 2016, seluruh siswa diwajibkan berkumpul di sekolah. Setelah itu, mereka berjalan kaki bersama untuk menumpang angkutan kota menuju Trans Studio Mall (TSM). TSM adalah salah satu titik terminal bus yang berkeliling ke tempat-tempat pertandingan PON. Selain mengalami PON, para siswa juga mengalami kehadiran pemerintah melalui trotoar yang rapih, jembatan penyeberangan yang terawat, bus kota yang nyaman, keramahan fasilitas umum untuk warga dengan keterbatasan diri (disabilitas),  kemudahan menyaksikan pertandingan PON, dan sebagainya.

Di dalam bus yang mengantar ke tempat pertandingan, penumpang diberi penjelasan mengenai filosofi maskot PON XIX, informasi kebudayaan Iket (bukan ikat), dan informasi lainnya. Selain itu, pemandu mengajak penumpang bernyanyi bersama sebuah lagu sederhana untuk menambah keceriaan perjalanan. Canda tawa siswa terlontar selama perjalanan menghangatkan kebersamaan walau mereka berbeda tingkat sekolah (SD, SMP, dan SMA).

Semoga pengalaman ini dapat menggugah generasi muda untuk menciptakan kebaikan-kebaikan lain di masa akan datang. Mengutip salah satu pesan Walikota Bandung, Bapak Ridwan Kamil, "Jadilah generasi muda yang turun tangan, bukan tunjuk tangan. Pencari solusi, bukan pemaki-maki.". Selamat untuk pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sudah menyelenggarakan PON XIX. (ryk)

 

 

 

Hits

68126
TodayToday48
YesterdayYesterday78
This_WeekThis_Week428
This_MonthThis_Month731
All_DaysAll_Days68126